hanya blog pribadi berisi kegiatan pribadi

Thursday, April 30, 2020

Sistem PPDB SMA/SMK Negeri Lumajang Jawa Timur Full Online

Hallo adik adik SMP/MTs yang akan melanjutkan ke SMA atau SMK Negeri di kawasan Jawa Timur. Untuk tahun ini, semua proses PPDB SMA / SMK Negeri di Jawa Timur sudah full online. Jadi kalian tidak perlu ke sekolah tujuanmu untuk mendaftar. Cukup dari rumah saja.

Untuk prosesnya ada beberapa tahapan yang harus kamu ketahui tentang PPDB tahun ini:

Pra Pendaftaran :

Pada tahap pra pendaftaran ini, merupakan tahap persiapan. Disini pihak sekolah tujuan (SMP/MTs) memasukkan data nilai kalian berupa nilai raport semester 1 sampai semester 5 di web rapor.ppdbjatim.net . Pastikan sekolah mu melakukan ini. Pelaksanaannya tanggal 27 April 2020 sampai dengan tangal 9 Mei 2020.

Setelah selesai sekolah menginput nilai kalian, barulah kalian login ke ppdbjatim.net dengan menggunakan NISN dan Nomor UN. Untuk cek apakah nilai yang diinput oleh guru kalian sudah benar atau belum. Jika ada kesalahan, silahkan lapor kepada guru masing masing.

Setelah dirasa sudah benar semua nilaimu, selanjutnya adalah calon peserta PPDB harus menentukan titik rumah pada tanggal 08 Juni 2020 sampai 20 Juni 2020. Ini sangat penting  terutama bagi kamu yang akan mendaftar ke SMA Negeri. Nantinya operator dari SMA / SMK akan memverifikasi titik rumah kamu.

Setelah itu barulah kalian bisa mengunduh PIN pada tanggal 8 Juni 2020 - 20 Juni 2020. PIN ini digunakan nantinya untuk mendaftar.

Oh ya jalur pendaftaran bisa kalian pilih nih ada 4 jalur :
1. Jalur Afirmasi / Keluarga tidak mampu
2. Jalur Perpindahan Orang Tua
3. Jalur Prestasi Lomba
4. Jalur Rata Rata Nilai Rapor.

Tentunya masing masing jalur memiliki kriteria tertentu.
Untuk Zonasi, hanya berlaku untuk SMA Negeri saja. Jadi silahkan lihat peluangmu apakah dekat dengan sekolah tujuan atau jauh.

Sedangkan untuk SMK, tidak ada Zonasi. Kalian bebas memilih sekolah SMK di mana saja yang ada di Jawa Timur.

Untuk pemilihan sekolah kalian boleh memilih 2 sekolah yang bebeda. Tapi ingat, lihat peluang dengan nilai kamu. Karena jika sudah memilih maka tidak bisa mencabut.

Saran saya se, kalo mau daftar jangan hari pertama. Ambil hari ke 2 atau ke 3 biar kelihatan peluang nilai rata rata kamu.

Oh ya, ini jadwal kegiatan yang perlu kalian ketahui.



Ingat, pendaftaran hanya di satu website saja yakni ppdbjatim.net 

Ok adik adik, jika ada pertanyaan bisa kirim komentar ya... semoga berhasil


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya