Menangani error componen *.ocx di Vista

Posted by phychole On Selasa, 15 Juni 2010 0 komentar

Salam, Kali ini troubleshooting tentang componen di visual basic yang pernah aku alami. Hem.. aku punya program yang pertama aku buat di win XP dan kemudian aku migrasi ke Vista. Eh ada salah satu komponen yang kurang. Komponen berekstensi OCX tidak ada dalam VB aku. Akhirnya aku copy componen tersebut dan aku panggil melalui tab. Namun setelah aku panggil masih aja terjadi error, bahwa komponen tersebut belum teregister. Lha, pusing juga caranya. Hem.. gampang banget kalo kita mau mencari tutorialnya. Untuk mengregister ke dalam vista, caranya adalah sebagai berikut.
1. Cari Command Promp di Vista
2. Untuk menjalankan command Promp di vista, anda harus klik kanan pada icon CMD, kemudian klik Run As Administrator.
kenapa harus klik kanan? karena pada prinsipnya dalam vista kita harus mengakses UCP, yaitu super administrator
Setelah masuk ke dalam CMD, selanjutnya ketikkan REGSVR32 /V nama komponen (misal REGSVR32 /V XPbutton.ocx)
Dan teng teng,.,.. Berhasil sudah. Komponen sudah bisa kita panggil.
Semoga artikel yang sedikit ini membantu anda.
referensi
http://www.vbforums.com/showthread.php?t=612534
http://www.daniweb.com/forums/thread87743.html

salam

phychole
READ MORE

Aku, Netbook dan Internet

Posted by phychole On Rabu, 09 Juni 2010 0 komentar



Hem.. Kecintaan aku pada komputer sudah ada sejak aku duduk di kelas IV M.I. yang mana pada waktu itu aku cuman bisa maen game console saja. Tapi aku belum tau apa fungsi sesungguhnya dari komputer itu. Internet aku kenal juga saat M.I. Kelas VI namun aku cuman bisa melihat dan nggak tau apa itu internet. Aku di ajak kakakku ke warnet dan dia memberikan banyak tentang keajaiban internet. Utama dengan chatting yang pada waktu itu dengan IRc dan Y!m. Aku nggak tau kok bisa begitu, katanya bisa ngobrol dengan orang yang jauh.

Lalu ketika masuk di SMA aku mulai menjajah sendiri yang namanya Internet. Dengan berbekal ilmu yang di berikan oleh salah satu penyedia akses internet di Indonesia, aku pergi ke warnet sendiri. Pada waktu itu aku ingin bisa membuat email, karena buku panduan yang aku terima cuman berisi membuat email aja. Setelah itu aku agak meningkat lagi dengan membuat blog ini. Aku sudah mulai mengerti dan sering menghabiskan waktu di warnet sepulang sekolah.

Dan sekarang aku kuliah di jurusan Teknik Informatika. Aku sangat membutuhkan banyak koneksi internet. Dulu sebelumnya aku cuman bisa ke warnet saja. Akhirnya aku berpikir untuk memiliki koneksi sendiri sehingga bisa koneksi dimanapun tanpa harus bolak balik. Nah aku berpikir untuk membeli modem USB dan HP untuk koneksi Internet.

Akhirnya kini, aku selalu membawa komputer jinjing mini (kata kerennya netbook) ama modem (baik usb atau mobile). Semuanya ada di dalam tas saya. Dan saya sewaktu waktu bisa terkoneksi dengan internet. Karena aku sendiri meyakini sekarang nggak bisa jauh dari internet. Banyak hal yang harus aku lakukan dengan koneksi internet. Dengan hanya cuman download, upload, nulis di blog ama chatting dengan teman teman serta mencari informasi terbaru. Kalo orang bilang aku ini udah terkena virus ketagihan ama internet.

Aku mampu 24 Jam nonstop di depan layar dengan kondisi koneksi internet. Yach karena dengan Internet, kita bisa menjelajah dunia secara murah dan mudah. Kita bisa terkoneksi dengan banyak orang di dunia ini dan dengan kriteria yang bermacam macam. Terkadang kawan di Internet sangat baik, apalagi kalo lagi berkumpul bareng. Meskipun biasanya ketemu di dunia maya, namun jika ketemu di dunia nyata lebih seru.

Dalam berinternet, kita seharusnya menggunakan internet dengan bijak. Dengan internet sehat yang kita terapkan di kehidupan kita. Banyak sekali saat ini orang menggunakan internet untuk melakukan kejahatan. Dan korban dari internet juga banyak. Namun sesungguhnya jika kita bisa memanfaatkan dengan baik dari internet itu, maka hal hal yang tidak kita inginkan tidak akan terjadi.

Mari kita menggunakan internet dengan bijak, tidak hanya listrik. Karena internet pun nantinya juga bisa kehabisan. Namun yang disini kehabisan bandwith. Karena semakin banyak pengguna bandwith bisa saja kualahan dan mengakibatkan krisis bandwith. Apabila bandwith sudah habis, maka ilanglah yang namanya koneksi internet cepat. Selalu mencari informasi positif sebagai referensi kehidupan kita.
Semoga artikel kecil ini bermanfaat



READ MORE

Jalan Jalan ke MERAPI Jogja

Posted by phychole On 0 komentar



Tanggal 07 Juni 2010, aku masih di jogja. Lah agenda hari ini yatu jalan jalan. Hem teman teman ngajak aku jalan jalan ke Merapi. HARI ini bertambah satu teman lagi bang Azam. Di merapi sana kita cuman senang senang melepas lelah dan menikmati udara sejuk pegunungan. Pokoknya asyik pol deh. Dengan mengendarai motor kita berangkat jam 12.00 dan pulang kembali jam 15.00 Yach udah lumayan lah meniikmati suasana bekas lahar di gunung merapi. Berikut dokumentasinya.


















READ MORE

Ultah XCODE ke VI di TLAB Spot

Posted by phychole On 0 komentar






5 Juni 2010 hingga 9 Juni 2010 Stay di Jogja. Awalnya sih perjalanan aku cuman ingin mengikuti perayaan Hari Jadi XCODE yang ke VI jatuh pada hari Sabtu 5 Juni. Aku tertarik dengan materi yang di publikasikan. Berangkat Jumat 04 Juni 2010, malam aku ke rumah t3cm4n. Karena aku udah janjian ama dia untuk berangkat bareng. Tepat jam 11.00 WIB kami menuju Surabaya. Naek patas dari Surabaya menuju Jogjakarta. Jam 02.30 Bus berangkat dari Jogja dan nyampe di Jogja siang hari pukul 11.00 WIB. Nyampe di jogja di jemput oleh ragil, kita berdua numpang disana selama di jogja (makasih bro). Setelah itu di sore hari ke TKP perayaan Ultah XCODE di TLAB Spot. Wah manstap disana bisa bertemu dengan staff XCODE pusat karena pada ngumpul semua dari founder I , founder II ada semua. Hem bisa bincang bincang neh.

Acaranya memang seru banget, peserta yang hadir banyak juga. Ampe tempat yang ada itu nggak muat. Tapi mereka tetap bersemangat untuk menghadiri acara ini. Mulai materi awal hingga akhir mereka mengikuti dengan tenang. Acara di mulai jam 19.00 ampe selesai jam 00.00. Di tutup dengan pemotongan tumpeng oleh founder.

Setelah selesai acara di TLAB Spot, aku bareng joe,nezim,adi,agus,hanjian dan teman lainnya pergi nongkrong di cafe. Mau balik ke kosan masih nanggung dan akhirnya kita nongkrong di cafe sambil online. Di cafe ketemu ama bung bernad, wah jadi rame da ngumpulnya. Nggak kerasa juga jam udah menunjuk angka 07.00 wah udah pagi juga neh. Edan betul neh ga tidur dari sore ampe pagi. Yang penting bisa ngilangin kangen ama teman teman its OK, nggak masalah bagiku. Meskipun waktu tidur kurang. Oh ya ini ada documentasinya.








READ MORE