PENDIDIKAN DI ABAD 21

Posted by phychole On Kamis, 27 Maret 2008 0 komentar
Entah anda mau atau tidak, setuju atau siap secara psikologis, waktu takkan berhenti atau menantikan anda. Sementara jam berdentang riang mengantarkan kita ke zaman baru, kita semua memasuki abad ke-21 ini. Zamannya komputer serta net.....



Di Zaman komputer dan net ini, latar belakang keluarga dan kekayaan dirasa tak terlalu penting. Dengan bantuan Net yang ampuh serta komputer yang serba bisa, mudah sekali anda capai sendiri ambisi-ambisi anda. Anda bisa menjadikan impian-impian anda nyata !



Kita bisa memperoleh pengetahuan dan belajar sendiri, sebab segala sumber daya dari seluruh dunia sepenuhnya terhubung di Net. Anda tinggal mengakses berbagai situs jaringan pada komputer pruibadi anda sendiri untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan. Pembelajaran menjadi proses yang mudah dan cepat.



Dengan bantuan komputer yang canggih kita bisa, hanya dengan mengandalkan minat serta ketekunan kita sendiri,melaksanakan suatu tugas yang dulunya menuntut gabungan dari mungkin beberapa ratus atau ribu orang selama bertahun-tahun.



Kita juga bisa mmbeli dan menjual barang-barang dan membayar rekening-rekening kita lewat komputer. Pembeli dan penjual terhubungkan lewat sistem yang sama. Dengan menggunakan komputer informasi disebarkan, bacaan-bacaan serta pengetahuan dihasilkan dan disimpan, pengajaran serta pembelajaran difasilitasi, dan komunikasi diefektifkan. Hampir segala kegiatan manusia dapat dilaksanakan di komputer.



Bahkan sekarang, kartunis dapat menyimpan bacaan serta sketsa-sketsa orisinil, mencari bacaan-bacaan, membuat sketsa-sketsa, menyelesaiankan sketsanya, menambahkan warna-warninya dan mengirimkannya ke seluruh dunia dalam waktu singkat.... semuanya lewat komputer dan Net !



Komputer itu dapat digunakan untuk berbagai keperluan sehingga bukan saja mengubah metode operasi seluruih dunia, melainkan juga kehidupan individu.



Dengan komputer kita bisa mengajar diri sendiri dan belajar sendiri. Kita bisa melaksanakan sendiri tugas apapun, belajar atau bekerja sendirian. Kita bisa melintasi langit seperti seekor naga untuk menikmati pemandangan di masa depan kita.



Di zaman ”komputer upaya satu orang dapia diperbesar milyaran kali dengan bantuan komputer” Kalau anda mampu, anda akan menjadi lebih mampu, kalau anda kurang mampu, ketidak mampuan anda itu akan berkurang ! Di zaman komputer, entah kita berdiri di puncak kemenangan atau tenggelam ke dasar kolam adalah tergantung pada bagaimana kita tangani dan kita tanggapi arus yang tak dapat dihentikan ini.



Pendidikan komputer jelas-jelas sangat penting. Demi masa depan kita sendiri, marilah kita arahkan perhatian penuh kita kepada apa yang dihadapi di masa depan pendidikan di zaman komputer ini.



Paling tidak hal ini menjadi tantangan dan dorongan bagi para guru untuk menguasai program-program yang ada diantaranya adalah : Microsoft word, Excel, Powerpoint, kalau mungkin flash terutama membuat animasi-animasi yang menarik untuk menjelaskan konsep yang abstrak juga internet explorer untuk berselancar mencari bahan-bahan pengajaran, Untuk itu tentunya fasilitas net di sekolah harus tersedia. Semoga !
(fisika-smu.blog.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya