Intel Bakal Ganti Socket Lagi?

Posted by phychole On Kamis, 21 Januari 2010 0 komentar

Jakarta, Intel (Land Grid Array) LGA 775 perlahan tapi pasti bakal digusur oleh socket LGA 1156. Tapi jangan salah, socket baru ini pun belum tentu berumur panjang.

Untuk bisa terhubung ke motherboard, sebuah prosesor dibenamkan pada dudukan khusus (socket). Sejak Pentium IV Intel hingga Core 2 Quad Intel tak pernah mengganti socket yang digunakan. Namun, belakangan, socket baru pun muncul seiring hadirnya jajaran prosesor baru Intel. Socket LGA 1156, pun diposisikan Intel sebagai standar socket terkini 'menggusur' LGA 775.

Belum juga LGA 1156 akrab di kalangan pengguna komputer, sudah berhembus kabar bahwa Intel akan menerapkan standar socket baru dalam jajaran prosesornya yang akan datang. Namun, pihak Intel belum bisa memastikan kebenaran kabar ini.

"Kami memang merencanakan sebuah sistem baru pada tahun depan, cuma belum pasti akan menggunakan socket yang berbeda atau tidak," kata Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia, di BlowFish Cafe, Jakarta, Selasa, (19/1/2010).

Lebih pusingnya lagi, meski memiliki socket yang berbeda-beda nama prosesor yang digunakan bisa jadi akan sama. Hal ini sudah terbukti pada jajaran Core i7 yang sebagian menggunakan LGA 1156 dan sebagian lagi dengan LGA 1366. Demikian dikutip dari Detik.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya