Ngupdate status bikinan sendiri

Posted by phychole On Jumat, 22 Januari 2010 0 komentar


Hai teman teman, ups ini tutorial aku yang ke dua di awal tahun 2010. Kali ini aplikasi facebook lagi neh teman. Jangan bosan nge baca tulisanku ini ya... Kalo biasanya kalian melihat update status facebook di bagian bawah ada tulisannya "via mobile text", "Via mobile browser", "via telephone umum", pasti bingung gimana cara buatnya kayak gitu. Nah kali ini aku akan meberikan salah satu aplikasi yang di berikan oleh facebook.


Oke da, pertama tama kalian masuk ke alamat ini:
"http://developers.facebook.com"
Maka akan muncul halaman seperti berikut:
Silahkan anda klik "Start Building For Your Site" setelah itu anda akan masuk ke step pertama (seperti page berikut ini)
Disini anda akan di minta tentang info yang akan gunakan. Yang nantinya akan muncul di status yang kita update. Langkah isinya seperti berikut:
- Website Name : ini di isi sesuai kreatifitas anda contohnya (Pak Pos)
Fungsi Website name ini adalah untuk menunjukkan di bagian bawah darimana anda mengupdate facebook. Biasanya muncul setelah minit. sepeti gambar ini

- Website URL : kalo anda punya hosting sendiri/ domain sendiri bisa anda isi. Tapi jika tidak punya bisa anda isi dengan " http://lumajangcrew.org"
Karena nanti akan dimintai verifikasi oleh facebook tentang website ini, anda isi saja dengan "http://lumajangcrew.org" karena sudah saya verifikasi.
- Language : pilih aja defaulnya, english

Setelah itu klik Next Step, dan masuk ke Step yang ke 2
Nah di step ke 2 ini hubungannya dari step pertama. Jika yang pertama tadi anda memasukkan URL website anda, maka anda di haruskan untuk mendownload xd_receiver.htm dan selanjutnya upload file ini ke dalam server anda. Dan ada di posisi "www". Setelah di upload, anda test dengan klik "set up and continue" nya sudah benar apa belum. Jika sudah benar maka aka di tampilkan page berikutnya.

Untuk yang menggunakan "http://lumajangcrew.org" anda tidak susah susah untuk download, langsung saja anda klik "Test Setup and Cotinue" Karena saya sudah meng upload xd_receiver.htm di web server saya. Selanjutnya akan muncul page berikut ini.

D situ banyak keterangan. Anda lewati aja. Kalo mau coba silahkan di coba satu satu. Yang terpenting adalah kita langsung menuju ke Tab "Live Stream Box".
Disini berisi tentang code code yang kita perlukan. Silahkan copy kode yang di dalam box, dan pastekan ke notepad.

Setelah di paste ke notepad, anda simpan dengan klik file >> save as. Anda bisa menyimpan di Flash disk anda atau komputer anda. File name anda isi terserah anda yang akhirnya di kasih *.html . Contoh "UpdateFBku.html" dan save as type di ganti dengan "All Files"
Selesai sudah. Anda buka tempat menyimpan file anda. Maka akan muncul file berbentuk page. anda bisa meng upload di server anda atau simpan ke dalam flashdisk anda sehingga bisa di gunakan dimana mana. Untuk menggunakan fasilitas ini, tentunya di perlukan koneksi internet untuk menjalankannya. Karena di butuhkan koneksi ke dalam facebook. Jika anda sudah login ke facebook anda, maka anda tinggal update langsung. Namun jika anda belum login, anda akan diminta login terlebih dahulu.
Berikut tampilan update status yang saya buat, yang beralamatkan di "http://lumajangcrew.org/pos"
Dan hasil dari update status kita di facebook seperti berikut

Akhirnya selesai juga neh tutorial, Minum kopi dulu.....

Thaks banget to:
- Allah SWT atas Pengetahuan dan otak serta kemampuan yang di berikan.
- Ayah Bunda keluarga dan Guru serta dosen dan orang sekitar yang mengajarkan ku banyak hal
- XCODE, Lumajangcrew dan teman teman yang membimbingku
- HP Haier C700 ku yang setia menjadi modemku
- Laptop blue_right yang aku pinjam
- Lumajangcrew.org atas hostingnya
- blogger yang buat aku naruh tutorial
- Semua master master yang tidak bisa aku sebutin satu satu thanks atas ilmunya
- diek_green, ^Nd3s0^, t3cm4n, blu3_r19ht, xyberbreaker, daun_pisang, dan semua teman teman komunitas XCODE dan Lumajangcrew.
- http://beritaku.webkios.info atas infonya tentang buat update status sendiri
- seorag gadis yang selalu jadi inspirasiku.. siapa ya???

Bagi yang ga kesebut bukan karena apa, tapi kalian tetap di hatiku kok,
all reader, thanks for reading

untuk pertanyaan, kritik, saran dan cacian kirim aja comment disini atau mail ke phychole@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya