Internet layak dapat nobel

Posted by phychole On Minggu, 07 Februari 2010 0 komentar

ROMA - Internet telah terbukti mampu merevolusi dunia secara virtual. Hal ini membuat teknologi internet dinilai sebagai media yang layak memenangkan nobel perdamaian 2010.

Adalah majalah Wired versi Italia yang mempromosikan internet untuk kontribusinya di bidang perdamaian. Wired berpendapat, internet mendukung keterbukaan dialog, debat dan konsensus di alam demokrasi seperti saat ini.

Wired Italia juga meluncurkan kampanye bertajuk 'Internet for Peace' yang akan berlangsung hingga September 2010. Dengan kampanye ini pengguna internet dari berbagai latar belakang dan pengalaman bersama-sama mewujudkan suatu hal nyata yang mendukung perdamaian dan harmoni di dunia.

"Kita melihat internet sebagai komunitas besar dimana pria dan wanita dari seluruh dunia dengan berbagai perbedaan dapat berkomunikasi dan menyatakan simpati terhadap suatu permasalahan yang mengancam perdamaian dunia," kata editor Wired Riccardo Luna seperti dikutip dari Business Standard, Jumat (5/2/2010).

"Mereka bisa menyebarkan kebudayaan baru yang berpusat pada kolaborasi dan berbagi pengetahuan yang mendobrak segala rintangan," tambahnya.

Dia melanjutkan, untuk alasan ini internet sangat ampuh dalam membangun masa demi kepentingan tertentu. Melalui internet, mereka bisa bersama-sama menggalang perdamaian, menghapus kebencian dan konflik diantara mereka yang bertikai.

"Apa yang terjadi setelah pemilu di Iran kemarin merupakan satu contoh peran internet dalam penyebaran informasi secara cepat. Internet pun menjadi alat yang kuat untuk untuk mewujudkan harapan orang-orang di dunia," tandas Riccardo.

Selain di negara negara itu, di negara kita juga internet telah membuat perubahan. Terutama hadirnya facebook yang banyak membuat perdamaian. Dukungan para netter sangat mempengaruhi terhadap kegiatan hukum di negara kita. Kita tengok saja kasus prita yang awalnya di dukung oleh para blogger Indonesia kemudian berlanjut hingga kepada para Facebooker. Kemudian para netter berinisiatif mengumpulkan koin untuk membantu denda yang di putuskan oleh pengadilan. Setelah itu kita ingat juga kasus bibit dan chandra yang di dukung oleh facebooker yang mencapai 1000 member facebooker. Dan banyak lagi hasil dukungan para netter untuk perubahan. Memang Internet bisa membuat banyak perubahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya