Eksport-Import Isi Blog di Blogger/Wordpress

Posted by phychole On Rabu, 14 April 2010 1 komentar
Salam, Kali ini saya ingin membicarakan tentang blog. Biasanya kita bingung ketika kita membuat blog baru, tapi sebelumnya kita sudah buat blog. Bedanya adalah kita dulu membuat blog di Blogger dan sudah banyak mengisi di sana, dan sekarang kita buat blog di wordpress. Atau dulu kita hanya memanfaatkan worpress/blogger gratis namun sekarang kita menyewa hosting dan menginstall wordpress di hosting kita. Kalo kita mulai dari awal, eman juga khan tulisan kita yang dulu. Atau kalo kita copy paste pastinya capek juga khan apalagi jika postingannya udah lama, umpamanya udah 5/6 tahun yang lalu. Pusing da... Ternyata Wordpress dan Blogger serta kebanyakan blog memberikan kemudahan untuk kita mengambil postingan kita dan menaruh di tempat lain. Nah jadi mudah khan nggak harus nulis ulang.

Ok kita mulai aja yach artikel saya ini. Yang pertama pastinya kita harus memiliki account blog. Disini penulis mencontohkan Wordpress dan Blogger. Karena penulis sudah lama membuat blog di blogger ini,
Masuk ke halaman login http://www.blogger.com atau http://www.wordpress.com/wp-admin

Gbr 1 : Halaman Login Blogger

Gbr 2 : Halaman Login Wordpress

Setelah kita memasukkan kata User dan Kata sandi, maka kita akan di hadapkan ke dalam dasbor atau halaman admin dari blog kita

Gbr 3 : Tampilan Dasbor/admin page Blogger

Gbr 4 : Pengaturan pada Blogger


Gbr 5 : Tampilan dasbor/admin page dari Wordpress

Setelah kita masuk ke dasbor ini, di sini saya bagi dua.
  • Saya akan bahas dasbor pada blogger : Pada blogger kita klik Pengaturan. Pada pengaturan dasar, di alat blog ada 3 Buah menu. Menu Import Blog fungsinya adalah untuk memasukkan file postingan blog yang ber ekstensi *.xml dari blog lain ke blog kita. Eksport blog berfungsi untuk mengambil file postingan di blog yang kita sedang login. Hapus Blog untuk menghapus blog kita beserta isinya. hati hati dengan menu hapus ini karena blog kita dan datanya tidak akan bisa kembali.
  • Sekarang saya bahas dasbor pada wordpress : Pada wordpress di sisi kiri layar kita banyak sekali berjajar menu. Anda pilih menu Perkakas dan di dalam sana ada 3 sub menu yaitu Perkakas , Import dan Eksport. Pada menu perkakas ; disini berisi tentang aplikasi yang bisa gunakan untuk mendukung kita dalam ngeblog. Saya tidak akan membahas lebih banyak hal ini. Langsung saja di menu import dan ekspor, fungsinya sama dengan di blogger untuk memasukkan dan mengambill file upload kita.
Ok sekarang hal pertama adalah kita mengambil data postingan kita di blogger/wordpress. Kita masuk ke dalam menu eksport.
Gbr 6 : Menu Eksport di Blogger


Gbr 7 : Menu eksport pada wordpress

Setelah berada pada menu eksport selanjutnya kita klik tombol Unduh dan anda akan diminta menyimpan file dengan ekstensi *.xml. Silahkan anda tunggu beberapa saat proses downloadnya. Lama atau tidaknya proses download tergantung pada banyaknya postingan kita. Ok itu cara untuk meng eksport atau mengambil postingan kita.

Selanjutnya kita akan membahas untuk meng import atau memasukkan file hasil download kita yang seperti di bawah ini :

Gbr 8 : Hasil file eksport dari blog

Pertama di sini saya akan membahas cara meng import file upload ke dalam blogger. Sama seperti tadi di pengaturan dasar, kita masuk ke dalam menu import.

Pada menu import, ada tombol browse, klik tombol Browse...dan cari file download dari blog tadi di dalam hardisk. Lalu masukkan kode veryfikasi yang ada dalam image kemudian centang Terbitkan semua entri yang di import secara otomatis jika anda ingin menampilkan semua file import anda, tidak jika abaikan. Lalu tekan tombol Import Blog dan tunggu sejenak hingga selesai. Jika sudah berhasil, lihat postingan blog anda.

Untuk di wordpress, ketika kita masuk ke menu import, akan ada beberapa pilihan.
Gbr 9 : Menu Import pada wordpress

Jika kita melihat menu pada wordpress, di sini wordpress mampu mengimport tidak hanya file *.xml saja, namun kita juga bisa meng importkan isi dari berbagai blog yang telah ada dalam daftar. Silahkan anda pilih sesuai dengan blog yang anda eksport. Disini saya pilih blogger karena tadi saya mengimport file dari blogger. Dan akan tampil seperti gambar berikut ini.

Gbr 10: Import dari blogger di wordpress

Ada dua pilihan dalam wordpress ketika kita ingin meng import file. Pertama kita pakai cara instan yaitu pada kotak yang paling atas. Namun untuk yang ini kita harus melakukan verifikasi terhadap blog kita dan mengizinkan wordpress kita untuk mengakses blog kita. Ini lebih mudah karena setiap ada perubahan pada blog kita, kita bisa langsung memasukkannya dalam wordpress tanpa harus download lagi postingan kita.
Cara kedua sama dengan di blogger. Kita masukkan file *.xml yang telah kita download ke dalam wordpress.

Hasil dari keduanya anda bisa lihat di http://phychole1.wordpress.com dan http://phychole88.blogspot.com

Oke sekian artikel saya semoga saja bermanfaat. Monggo di comment di comment... Saran dan Kritik anda saya tunggu. Email saya di phychole@yahoo.co.id .

Regard :


phychole

1 komentar:

chikmonk mengatakan...

wah mantap..
semangat bos..
lanjutkan brother !!!

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya