Perintah penting di Linux untukku

Posted by phychole On Jumat, 08 Oktober 2010 2 komentar

Hem.. terkadang aku memang susah untuk menghafal dan juga mengingat sesuatu hal. Untuk itu, mencatat hal penting bagiku sangat perlu. Apalagi mencatat perintah penting yang harus aku lakukan ketika aku menggunakan Ubuntu ku. Aku pikir, kalo aku mesti bolak balik buka google untuk mencari perintah itu susah juga. Kadang ketemu kadang juga tidak. Hem.. untuk itu biar mudah aku menulis di blog aku sendiri aja da. Hasil dari tulisan ini aku ambil dari berbagai media yang telah memaparkan trik dan tips, baik blog, web maupun forum forum tentang linux.
Dan aku berharap apa yang aku tulis di sini juga nantinya akan berguna buat kalian. Ini semua aku jalankan di Terminal ubuntu

sudo su : ini berfungsi untuk kita pindah ke administrator. setelah mengetik "sudo su" maka kita akan di minta menuliskan password. Dan ketika kita mengetik password, memang seperti tidak ada kegiatan apapun, namun sebenarnya kita sudah mengetikkan password.

sudo update : berfungsi untuk mengupdate system kita apabila kita telah melakukan perubahan pada system linux kita.

sudo apt-get install : ini berfungsi untuk instalasi program/aplikasi yang kita perlukan. Setelah mengetik " sudo apt-get install" lalu di ikuti dengan aplikasi yang akan kita install.

sudo apt-get autoremove : ini berfungsi untuk me- reinstall program/aplikasi yang telah kita install namun kita anggap sudah tidak di perlukan lagi. Dengan di ikuti nama aplikasi yang ingin kita hapus, maka aplikasi tersebut akan otomatis terhapus dalam system kita.

mogrify -resize 50% *.jpg : ini berfungsi untuk convert gambar dengan ukuran 50% dari gambar asli. Namun sebelumnya kita harus meng install aplikasi pendukungnya.

sudo modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0x0102 : Ini di gunakan untuk koneksikan modem HP zte c261 ku dengan ubuntu 10.04.

sudo gedit /etc/rc.local : untuk mengedit pengaturan pada rc.local untuk menambahkan perintah koneksi modem HP zte c261 sudo "modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0x0102"

sudo chmod 644 /boot/grub/grub.cfg : untuk mengubah permission file grub.cfg dari readonly menjadi read and write (444 = read only , 644 = read and write)

sudo gedit /boot/grub/grub.cfg : untuk mengedit menu OS yang kita pilih ketika booting awal

Ok sementara itu aja mungkin yang bisa saya tulis. Untuk perintah linux yang lain sudah banyak di share atau langsung masuk ke ubuntu.com saja.

regard

phychole

2 komentar:

Forum Komunikasi Santri Mlandingan dan Bungatan mengatakan...

wawwwwwwwwwww pancet ora mudeng q, heheheheeh

phychole mengatakan...

coba aja pelajari bos :D

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya