Install WebMin di Ubuntu 12.04

Posted by Muhamad Faisol On Selasa, 25 September 2012 0 komentar
Belajar lagi, dan sekarang kembali lagi ke Linux setelah beberapa bulan vakum bermain linux semenjak lulus dari perkuliahan. Ok sekarang mendapat permainan baru di tempat kerja. Menginstall ubuntu untuk web server. Dan coba coba untuk install webmin di ubuntu.
Webmin merupakan System Administasi Unix yang berbasis web. Sehingga kita bisa mengakses komputer kita melalui web browser. Dari webmin, kita bisa mengatur user account, apache, DNS, file sharing dan banyak lagi fungsi dari WebMin.
Untuk menginstallnya , ada beberapa langkah saja. Disini percobaan saya di ubuntu dekstop 12.04.
Pertama silahkan anda siapkan system anda
silahkan masuk ke dalam terminal ubuntu dan ketikkan kode berikut ini
sudo apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python
sekarang kita download webmin dengan mengetikkan kode berikut
wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.580_all.deb
Kemudian kita install webmin yang telah kita download dengan mengetikkan kode berikut
sudo dpkg -i webmin_1.580_all.deb
Dan webmin akan terinstall di system kita. Untuk masuk ke dalam webmin, silahkan ketikkan http://no-ipserver:10000 di browser anda. Misal IP server kita 192.168.1.20 kita ketikkan http://192.168.1.20:10000 pada browser. 
Kita bisa login ke WEBMIN dengan user dan password pada system anda. Misal system anda menggunakan user root dan password root.
Tapi kadang kita kesulitan masuk ke dalam dengan user dan password kita. Meskipun kita sudah mengetikkan user dan passwordnya dengan benar sesuai dengan system kita. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa melakukan dengan mengetikkan sudo passwd root via terminal, maka kita akan diminta untuk memasukkan password baru. Dan silahkan anda coba login kembali ke webmin dengan akun sistem anda.
Selamat mencoba.





Sumber belajar :
-  http://www.ubuntugeek.com/how-to-install-webmin-on-ubuntu-12-04-precise-server.html
- http://www.webmin.com/faq.html
regard 

phychole

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya