Ini jawaban SMARTFREN tentang gangguannya

Posted by Muhamad Faisol On Rabu, 27 Maret 2013 0 komentar
Malam minggu internetan pake modem smartfren tapi bingung kok tidak bisa buka apa apa. Semua pelanggan ternyata mengalami nasib yang sama. Tidak bisa melakukan koneksi ke situs situs internasional. Bahkan ke situsnya smartfren sendiripun juga lama. Tidak mendapatkan jawaban coba menanyakan melalui twiter jawabannya sedang ada maintenance tanpa tau apa yang terjadi.
Tidak hanya ke operator saja pelanggan mengeluh. Namun twitter menkominfo juga banyak mendapat mentions tentang keluhan pelanggan smartfren. Bahkan menkominfo menyatakan akan memberikan sanski dan harus memberikan ganti rugi kepada pelanggannya. Sebagaimana yang diberikan di detik.com pada hari selasa 26 Maret 2013 kemarin.
Akhirnya kabar tentang kerusakan jaringan smartfren terjawab juga. Pihak ISP telah memberikan pernyataan  tentang apa yang terjadi di dalam jaringan internet smartfren. Diumumkan dalam portal beritanya di http://www.smartfren.com tentang permintaan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan yang di hadapi oleh pelanggannya. Berikut kutipan dari website Smartfren yang ditulis pada hari selasa 26 Maret 2013 kemarin.
Smartfren Minta Maaf atas Gangguan Layanan yang Terjadi
Smartfren mengalami gangguan layanan akibat putusnya jaringan kabel di jalur utama dan jalur cadangan

Jakarta, 26 Maret 2013 – PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), penyedia layanan telekomunikasi berbasis teknologi canggih CDMA EV-DO Rev. B Phase 2, sedang mengalami gangguan layanan dikarenakan putusnya kabel submarine oleh jangkar kapal minyak di antara pulau Bangka dan Pulau Batam pada hari Sabtu, 23 Maret 2013. Jaringan ini merupakan rute utama jaringan internet Smartfren menuju Singapore sebelum internet global. Saat itu, layanan internet masih dapat berjalan melalui jaringan backup trans Sumatra di dua sisi, yaitu jalur timur dan barat. Namun beberapa jam kemudian, kabel jalur timur terputus karena adanya tanah longsor di sekitar Palembang dan jalur barat juga terputus karena adanya konstruksi oleh pihak lain. Dengan kejadian ini, Smartfren hanya mampu melayani data dengan kapasitas sekitar 10% dari normal kapasitasnya, mengakibatkan penurunan layanan terhadap pelanggan data, tetapi layanan telepon, SMS dan Blackberry masih dapat berjalan normal.

“Saat ini team Smartfren terus berupaya keras untuk mengembalikan kapasitas jaringan, diharapkan adanya tambahan jaringan pihak ketiga dapat memenuhi 50% dari kapasitas dan dapat segera beroperasi hari ini. Begitu juga satu jalur Sumatra yang putus, dapat kembali beroperasi malam ini. Kami meminta maaf atas gangguan layanan yang terjadi. Namun kami senantiasa berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang cepat, berkualitas terbaik dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia.” Ungkap Merza Fachys, Direktur Smartfren.Sumber

 Juga diberikan dalam situs berita digital detik.com tentang beberapa kerusakan jaringan pada smartfren yang diakibatkan karena koneksi yang terputus oleh kabel yang terkena jangkar kapal dan tanah longsor. Berikut kutipan beritanya :
Internet Smartfren Dihantam Jangkar Kapal & Ditimbun Longsor
Jakarta - Jaringan internet Smartfren beberapa hari belakangan dikeluhkanbyar-pet. Ternyata ini sebagai buntut dari putusnya jaringan utama internet Smartfren lantaran dihantam jangkar kapal dan ditimbun tanah longsor.

Hal ini diketahui setelah Menkominfo Tifatul Sembiring mendapat laporan dari pihak Smartfren. Laporan itu pun dikicaukan Tifatul ke Twitter, Selasa (26/3/2013), untuk menjawab pertanyaan tweeps yang mengeluhkan jaringan internet Smartfrennya ngadat.

"Ini jawaban orang Smartfren soal 'gak connect', saya coba bantu tanya pada mereka. Selanjutnya adalah hak konsumen, terus atau pindah operator," kata Tifatul.

Berikut penjabaran yang disampaikan Tifatul:

-. Pada 15 Maret 2013: jaringan utama internet Smartfren submarine putus antara Bangka-Batam lantaran kena jangkar kapal. Akibatnya, jaringan internet Smartfren hanya dapat 60%

-. 16 Maret: Jaringan backup inland Sumatera putus di Palembang karena tanah longsor. Internet dapat dilayani dengan jalur proteksi kapasitas 30%

-. 17 Maret: Jalur proteksi juga mengalami putus di area Sumatera Selatan, layanan internet hanya bisa dilayani 10% kapasitas.

-. 18 Maret: Jaringan tambahan dari pihak ketiga (Matrix submarine) beroperasi, kapasitas jaringan internet menjadi 50%

-. 23 Maret: Jaringan Matrix Submarine mengalami cut. Layanan internet kembali hanya 10%

-. 26 Maret: Hari ini diharapkan restorasi jaringan selesai, dan tambahan kapasitas. Diharapkan layanan internet bisa mencapai 80% kapasitas.

"Demikian tweeps budiman, selanjutnya Anda bebas memilih operator dari pengalaman-pengalaman pelayanan yang Anda dapatkan. Terima kasih," Tifatul menandaskan.

Sampai berita ini diturunkan pihak Smartfren masih coba dikonfirmasi langsung oleh detikINET. Namun sayang, beberapa orang penting Smartfren yang dikontak nomor teleponnya tak bisa dihubungi.

Smartfren membangun serat optik untuk koneksi ke luar negeri berkolaborasi dengan Moratel dengan rute Jawa-Bangka-Batam-Singapura yang menelan investasi sekitar USD 20 juta.

Sementara untuk rute Surabaya-Jakarta yang selama ini menjadi backhaul baru saja ditingkatkan kapasitasnya dari 5 Gbps menjadi 10 Gbps.

Pada tahun ini Smartfren bakal menambah 1.500-2.000 BTS pada tahun 2013-2014 di Pulau Jawa dan Sumatera. Total dana yang dikeluarkan diperkirakan sebesar USD 100- USD 150 juta.

Per Januari 2013, perusahaan mempunyai jumlah pelanggan mencapai 11,5 juta pengguna. Sebanyak 6,5 juta pengguna adalah pelanggan seluler dan 5 juta adalah pengguna data.

Pada tahun ini, Smartfren memproyeksi mampu mendapatkan tambahan 5 juta pelanggan data, dengan porsi sebanyak tambahan 3 juta pelanggan dari bundling perangkat mobile seperti tablet dan ponsel pintar, dan 2 juta dari pelanggan modem.
Selain melalui media digital, smartfren juga menulis catatan pada portalnya tentang permintaan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyaman yang terjadi. Ini bisa kita lihat ketika kita membuka portal dari smartfren. Pada hari selasa malam, penulis mencoba untuk melakukan koneksi dengan smartfren tapi masih belum begitu stabil. Dan hanya bisa berdoa semoga bisa segera teratasi untuk koneksi smartfren sehingga koneksi stabil kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya