hanya blog pribadi berisi kegiatan pribadi

Wednesday, November 15, 2017

Tips Menghadapi UNBK 2018

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan era baru di dunia pendidikan saat ini. Jenjang SMP/MTs, SMA/MA dan SMK baik Negeri maupun swasta sudah rame berbondong bondong untuk menggunakan UNBK. Ini karena hasil dari UNBK lebih mengarah ke hasil yang integritasnya tinggi. Kejujuran siswa dalam mengerjakan lebih dipercaya karena soal yang muncul benar benar diacak antara satu siswa dengan siswa yang lainnya.
Apa saja sih yang harus kita persiapan dalam UNBK?
Bagi pihak sekolah, harus menyediakan ruangan dengan perangkat komputer. Syarat nya adalah
-  Adanya server yang sesuai spek yang telah ditentukan yang mana 1 server maksimal untuk 40 client
- Adanya komputer client yang jumlahnya 1/3 dari jumlah siswa peserta UNBK

Disekolah harus disediakan proktor dan teknisi yang nantinya akan mempersiapkan kebutuhan sistem UNBK. Salah satunya adalah instalkl VHD di vmare dan sinkronisasi soal antara server pusat dengan server lokal di sekolah.
Berikut video cara install VHD di komputer server sekolah


Berikut video proses sinkronisasi :


Untuk siswa sendiri, tentukan mempersiapkan diri dengan belajar soal soal latihan. Dan selalu siap untuk mengerjakan soal. Saat didepan komputer tidak usah tegang. Waktu 120 menit yang diberikan manfaatkan untuk membaca soal dan memahaminya, sehingga mendapatkan jawaban yang tepat.
Berikut video cara mengerjakan soal UNBK


Demikian beberapa informasi tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jika ada pertanyaan silahkan kirim email. Jangan lupa follow, subcribe semua akun saya

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya