Ceritaku Bersama Jaringan Wireless

Posted by phychole On Rabu, 24 Desember 2008 0 komentar


Tahukan anda tentang jaringan wi-fi, hotspot dan sejenisnya?? Kalau belum bisa anda cari dengan saudara kita yang paling canggih di dunia maya yaitu google.com. Disini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menggunakan jaringan hotspot yang sudah banyak tersebar di seluruh tempat umum.

Saya sering menggunakan jaringan hotspot, terutama di kampus saya karena kebetulan kampus saya sudah memberikan fasilitas hotspot. Ada beberapa hal yang mesti kita persiapkan dalam surfing di hotspot area. Mau tau? Biasanya saya membawa hal berikut ini; laptop, wi-fi, wi – fi scanner, IP scanner, beberapa tools hacking yang perlu, minuman energi, makanan ringan, teman buat refresh dan lain-lain.

Udah siap semua khan. Sekarang aku mulai surfing. Pertama saya akan menghidupkan laptop dan wi-fi hardware. Setelah itu saya mencari Access Point (AP) yang menshare wi-finya untuk dimasuki. Setelah saya konek ke dalam AP tersebut, saya mulai menscan laptop atau computer lain yang koneksi sejaringan dengan saya.

Wah ini sudah semua aku lakukan. Nah, sekarang saya mulai da berkreasi. Saya gunakan salah satu tools yang bisa digunakan berbagai aktifitas. Salah satu yang saya sukai yaitu sniffing computer yang ada dalam satu jaingan dengan saya.

Setelah saya aktifkan program sniffing, sekarang saya menunggu hasil apa saja yang dilakukan oleh computer yang sejaringan dengan saya. Wah ternyata banyak juga yang saya dapatkan. Dari pada bengong, saya tinggal aja googling, bincang-bincang bersama om google tentang informasi aku karena pasi lama banget kalo aku nunggu hasil sniffing.

Sesekali saya melirik program sniffing saya. Tak cek wah ada no IP 192.xxx.x.x sedang membuka sebuah site. Dan ternyata site itu adalah site pribadinya dan di sedang membuka username dan passwordnya. Uih… paswordnya nggak di encripht oleh site tersebut. Celaka ya… aduh…..???? gimana nih terus…!!!

Aku coba lakukan sama dengan yang dilakukan oleh IP tersebut masuk ke site yang sama dan aku coba masukkan username dan password yang aku dapatkan. Eh berhasil masuk nih. Aku berhasil membuka username nya. Wah wah gimana nih??? Aku mulai membuka isi dan mencoba merubah sesuatu. Ternyata sekarang aku seperti pemilik aslinya.

He he he menarik juga ya artikel aku. Aku aja ampe ketagihan sampai – sampai setiap koneksi ke jaringan hotspot aku panen password baik itu email pribadi, web blog atau account – acoount social yang lain. Dari sini aku sudah membuktikan sendiri bahwa menggunakan jaringan hotspot itu enak, murah dan hemat lagi. Tapi ya itu kita mesti hati – hati juga karena banyak lagi orang yang lebih jahat dari aku. Bisa saja ada orang yang lebih ilmunya dari saya nggak hanya surfing dokumen kita di internet tapi bisa juga merambah ke computer local anda. Dari pengalaman saya yang saya dapatkan ini salah satu web dan mailer yang tidak memberikan encripht tentang password yang perlu anda hati – hati ketika membukanya

- www.friendster.com disini bisa diketahui username dan password

- www.yahoo.com disini kalo lagi mujur bisa mengetahui passwordnya

- www.gmail.com ini nih kadang muncul kadang tidak username dan passwordnya

- www.blogger.com disini username dan password juga susah untung2an

dan masih banyak lagi yang lain.

Untuk pencegahan dan keamanan ketika kita menggunakan jaringan hotspot saya memiliki beberapa tips yang mungkin membantu.

- Jangan membuka email pribadi anda atau web pribadi anda

- Selalu hidupkan firewall di computer kita

- Selalu update operasi system anda

- Lindungi computer anda dengan anti Trojan

- Pake hide IP agar tidak ditemukan IP kita

- Dan tools – tools keamanan jaringan dan computer yang lain.

Kalian juga bisa mengunjungi www.google.com untuk mencari tips aman lainnya. Demikian sedikit yang bisa saya share ke anda semoga bermafaat dan jaga keamanab privacy anda selalu.

Salam phy_chole

Thanks to

- Allah SWT

- Father and Mother

- My Family

- Google web master

- My friends

- Hotspot area

- My community (yogyafree and Group Arex Mazank)

- And the reader……….

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya