Indonesiaku oh Indonesiaku.. engkau dulu dan kini

Posted by phychole On Kamis, 27 Mei 2010 0 komentar
Kalo kita melihat tentang negara kita antara tempo dulu dengan saat ini tentunya berbeda. Aku merasakannya begitu karena sangat banyak perbedaan yang mencolok yang terjadi dalam negeri kita Indonesia. Disini aku ingin membedakan Indonesiaku dulu waktu aku kecil dengan Indonesiaku kini saat aku duduk di bangku kuliah.

Aku memiliki beberapa pandangan tentang Indonesia dulu dan Indonesia kini. Yakni aku memandangnya dari sisi Moral masyarakat Indonesia dan dari sisi perkembangan dunia IPTEK Indonesia. Serta pemerintahan Indonesia yang tentu kalo kita liat sangat berbeda.

Disisi Moral, kita tahu saat ini informasi di Indonesia berkembang dengan pesat dan cepat. Segala bentuk informasi mudah di dapatkan oleh pemuda Indonesia. Tak ayal, moral kalo aku lihat saat ini sudah menurun. Aktifitas para pemuda di Indonesia sudah tidak lagi melihat norma norma yang berlaku di masyarakat. Ini karena pemuda Indonesia sudah tak bisa memfilter lagi apa yang telah kita dapat. Mereka sering berbicara bahwa yang mereka lakukan adalah tren masa kini. Tak heran, kalo mereka sering melupakan moral asli negara kita dan beralih ke moral orang lain yakni bangsa lain yang mana kita ketahui bahwa itu bukanlah budaya bangsa kita. Heran di kala orang asing ingin menggali budaya Indonesia dan suka dengan budaya kita, namun pemilik budaya malah kadang melupakan budaya asli nya.

Mari kita bangun moral bangsa kita. Dengan menghidupkan kembali kegiatan kegiatan yang positif. Kalo dulu aku sering mendengar kata GOTONG ROYONG, Berat Sama Di Jinjing Ringan Sama Di Pikul. Serta Bhineka Tunggal Ika semboyan negara kita. Kalo itu semua kita tanamkan aku yakin kerusuhan antar mahasiswa yang sering kita lihat akhir akhir ini nggak akan terjadi. Apalagi dengan satu Universitas karena masih saudara sendiri. Ayo kawan kita tumbuhkan Bhineka Tunggal Ika... Demi masa depan bangsa kita.

Di dunia IPTEK aku rasa Indonesia sudah mengikuti perkembangan pesat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kalo dulu peralatan Teknologi seperti komputer untuk memiliki nya saja berpikir ribuan kali karena merupakan barang yang cukup mewah, saat ini kita bisa melihat sendiri. Sekarang kalo orang tidak mengenal apa itu komputer yach di anggap ketinggalan jaman. Selain itu juga mudah di jangkaunya layanan Internet ke masyarakat menambah mudahnya masyarakat mendapat masukan atau berita. Kalo dulu kita tidak bisa dan jarang sekali pengguna Internet hanya sebatas pada kantor atau instansi saja, saat ini sudah bisa di nikmati semua orang. Terbukti dengan maraknya Warung Internet mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai merambah ke dunia maya sebagai sumber informasi dan komunikasi.

Dunia pendidikan di Indonesia juga sudah bagus. Terbukti dengan sering mengikuti kompetisi lomba di bidang pendidikan di tingkat Internasional dan tidak sedikit juga utusan negeri ini menjadi yang terbaik diantara beberapa negara. Ini merupakan prestasi yang mengagumkan bagi putra bangsa untuk bangsa. Serta pemerintah yang selalu berupaya untuk menyetarakan kualitas pendidikan dari pusat hingga daerah dengan harapan semua anak bangsa mendapat hak yang sama di pendidikan.

Di Pemerintahan, aku cukup prihatin. Perubahan sistem di Indonesia semakin berbahaya saja. Karena saat ini aku pandang pemerintahan di Indonesia hanya untuk kepentingan Kelompok bukan untuk rakyat. Calon Legislatif loyal pada masyarakat jika sudah dekat dengan masa masa pemilihan dan jika sudah selesai tak banyak yang lupa akan masyarakat. Kalo dulu waktu kecil aku bisa melihat acara Pejabat Pemerintah turun ke desa / masyarakat untuk melihat langsung kondisi masyarakat, untuk saat ini jarang sekali pejabat pemerintah yang turun langsung ke masyarakat.

Jika melihat berita tentang politik saat ini, amatlah menyedihkan. Dimana orang orang yang duduk di pemerintahan serasa saling menyalahkan antara satu dengan yang lain. Setiap masalah yang muncul di negeri ini tidak coba di pecahkan solusinya namun lebih senang saling menyalahkan saja. Tak pelak banyak kasus yang tak pernah ada solusinya.

Negaraku Indonesia, aku ingin engkau bangkit kembali seperti dulu. Damai Indah dan aman. Tak ada lagi peperangan antar sesama masyarakat. Mari kita tingkatkan yang telah meningkat dan maju serta mari kita benahi apa yang masih menjadi kekurangan dari negri kita ini. Kita ingat akan semboyan negeri kita Bhineka Tunggal Ika agar semua ingat bahwa kita adalah keluarga.

Sumber gambar :
1. http://kibulpos.info/wp-content/uploads/2009/12/kerusuhan.jpg
2. http://suciptoardi.files.wordpress.com/2009/08/gec09-present-ending-cropsi.jpg
3. http://www.inilah.com/data/berita/foto/42971.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya