IPV6 dan Virtualisasi Makin Hangat di 2010

Posted by phychole On Rabu, 06 Januari 2010 0 komentar
OKEZONE 5 Januari 2009
Sebagaimana pada saat ini, teknologi cloud computing telah terpusat pada aplikasi dan platform, tahun 2010 akan berfokus pada teknologi infrastruktur. Telah kita lihat bersama, HP mengumumkan langkah mereka untuk membeli 3Com dan kecenderungan Cisco, IBM, dan Juniper sendiri untuk meningkatkan kualitas jaringan mereka. Hal ini memberikan indikasi terbaik bahwa cloud computing telah menjadi hal yang penting untuk jaringan intelligent.

Secara khusus, aplikasi jaringan adalah area yang kita harapkan untuk menerima perhatian. Di dunia cloud, sebagaimana operasi terpusat pada pusat data dan aplikasi dan data terakses jarak jauh, jaringan mengasumsikan kepentingan yang kritis. Aplikasi jaringan memungkinkan fleksibilitas, skala, keamanan, QoS dan kapasitas,
faktor kunci untuk pertumbuhan cloud computing.

Untuk enterprise, krisis keuangan global telah membuat semua orang berfokus pada produktifitas dan pengendalian biaya, melakukan sesuatu yang lebih dengan efisiensi tindakan. Akuntan telah menjalankan bisnis dan fokus utama mereka adalah TCO, ROI dan bagaimana value dihantarkan. Sementara ekonomi nampak berkembang, fokus pada orientasi metriks value tentunya akan berlanjut dan akan menjadi sesuatu yang hebat diindustri. Ini berarti vendor penantang, dengan cerita terbukti dalam mengurangi biaya operasional dan menghantarkan value lebih hebat, akan melanjutkan untuk menbawa bisnis ke kompetisi yang mengandalkan relationship ketimbang kesuksesan bisnis.

Konsumsi data yang telah secara cepat dalam beberapa tahun ini, tapi kami mulai melihat konsumen dan bisnis tidak hanya ingin untuk menyambungkan perangkat lebih banyak, tapi melakukannya dengan ekspektasi tinggi dari pengalaman yang sudah ada. Menghubungkan iPhone ke wi-fi atau jaringan 3G dan mendownload email atau aplikasi bukanlah hal yang menakjubkan lagi. Pengguna menjadi frustasi dengan konektifitas lamban atau apa yang mereka tidak bisa lakukan dengan perangkat mobile. Hal ini hanya akan menambah permintaan bandwidth pada 2010 dan selanjutnya, dan sekali lagi hal ini dipengaruhi oleh jaringan.

Juniper Networks secara aktif bekerja sama dengan operator telekomunikasi dengan operator dan penyedia broadband untuk memandu mereka untuk menggunakan jaringan secara efektif sekaligus menjawab peningkatan permintaan untuk koneksi internet.

Berikut beberapa topik yang diprediksi akan hangat di industri jaringan dan telekomunikasi di 2009.

1. IPV6
Diprediksikan bahwa IPV6 akan menjadi trend pada tahun 2009, namun hal ini tidak menjadi kenyataan. Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICAAN) memprediksikan bahwa 2010 merupakan tahun dimana alamat domain IPv4 akan habis, sehingga fokus pada IPV6 akan semakin serius di media, dan sudah banyak pengguna yang bertanya pada Juniper mengenai perencanaan IPV6, dan menuntut kemampuan dan fitur IPV6 pada platform kami. Sedangkan pada saat bersamaan kami terus menciptakan NAT boxes yang berkemampuan terhebat di dunia dan strategi ini akan kami teruskan. Kami telah memprediksi bahwa dunia akan kehabisan alamat IPv4 selama 10 tahun, dan hal ini tidak akan terjadi secara tiba-tiba.

IPV6 di Indonesia perlu didorong oleh tiga faktor; regulasi dari pemerintah, dorongan dari operator dan penyedia pelayanan utama, dan tuntutan dari pengguna. Sangat penting bagi setiap bagian yang berkepentingan untuk melihat IPV6 secara lebih serius di tahun 2010.

2. Cloud Computing
Cloud computing telah menjadi topik yang menarik di 2009. Cloud computing dan jaringan cloud merupakan pilihan bagi enterprise yang memakai data secara intensif, jadi kita dapat melihat topik ini berlanjut seiring dengan strateginya yang semakin jelas. Setiap vendor mempunyai strategi dan model cloud computing, diprediksikan topic ini akan mendominasi di 2010.

Penting dan perlu diingat bahwa pusat data dan jaringan merupakan inti dari cloud computing. Operator dan penyedia layanan harus mulai memperkuat dua faktor ini untuk memungkinkan bagi perusahaan Indonesia mulai mengadaptasi cloud computing. Perusaahan perlu menyadari bahwa biaya kepemilikan teknologi dapat ditekan dan ROI dapat ditingkatkan melalui implementasi cloud computing.

3. Virtualisasi
Salah satu area yang didorong oleh berkembangnya pusat data dan cloud computing adalah virtualisasi pada sumber daya pada pusat data, termasuk server, elemen jaringan, dan juga platform manajemen. Hal ini telah menjadi fokus utama dan kami melihatnya akan terus berkembang dengan lebih terfokus pada virtualisasi jaringan.

Banyak perusahaan Indonesia yang telah menyadari bahwa inti jaringan, regulasi, operasi, organisasi, dan masalah keamanan telah membuat virtualisasi jaringan dan pelayanan yang berbeda menjadi lebih menantang. Juniper dengan portfolio produk yang lengkap menghadirkan kemampuan unik untuk menjamin agar penyedia layanan dapat menjaga tingkatan administrasi dan pemisahan pelayanan spesifik yang layak, keamanan dan manajemen dan pada saat bersamaan mengakui efisiensi dan penghematan yang signifikan dikarenakan virtualisasi

4. Pusat Data
Pada saat virtualisasi di pusat data menjadi fokus di 2009, ruang, konektivitas, dan operasi pusat data akan terus menjadi hal yang dibahas pada tahun 2010. Dengan pemerintah dan enterprise sudah merencanakan rencana pusat data yang spesifik, hal ini akan penting bagi agenda media.

5. Jaringan Broadband
Pada tahun 2010, fokusnya akan terus pada bagaimana pemerintah dan sektor swasta mewujudkan janjinya dalam membangun jaringan broadband berkecepatan tinggi untuk semua rakyat. Topik ini akan mendominasi agenda media lagi pada tahun 2010 dengan perencanaan peluncuran WiMAX dan pengembangan Palapa Ring. Operator dan perusahaan penyedia broadband juga akan terus menemukan cara mengatur koneksi broadband yang telah ada secara efektif dan menjawab peningkatan kebutuhan untuk koneksi data pelanggannya.

6. Keamanan
Keamanan adalah tulang punggung dari semua organisasi dan seberapa pentingnya terlihat pada fokus media pada hal ini. Keamanan akan menjadi topik yang sering didiskusikan di tahun 2010, dengan lebih terfokus pada cloud computing, jejaring social, dan piranti mobile. Dengan semakin meningkatanya penggunaan mobile secara dramatis, jaringan akan dituntut dapat menangani aplikasi dan pelayanan mobile yang rumit dan menjaga keamanan secara bersamaan. Perusahaan di Indonesia akan lebih berkonsentrasi bagaimana memperkuat keamanan infrastruktur jaringan bersamaan dengan pencegahan intrusi melalui virus dan worm.

Mochammad Irzan (MI), Enterprise System Engineer Juniper Networks (srn)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya