Pentingnya SecurityQuestion facebook

Posted by phychole On Kamis, 21 April 2011 0 komentar
gambar 1. : Informasi tentang tingkat keamanan akun kita
Jika anda belum menggunakan fasilitas ini, silahkan anda update tentang informasi facebook anda. Silahkan cek apakah anda sudah membuat security questions atau belum di http://www.facebook.com/update_security_info.php .
Security question merupakan salah satu pertanyaan rahasia yang di peruntukan untuk facebook kita. Jika facebook kita sudah di retas sama orang, dengan perubahan password maka kita masih bisa menyelamatkan facebook kita kembali. Untuk itu, anda harus selalu mengingat pertanyaan rahasia yang anda buat dan juga selalu jadikan pertanyaan rahasia ini sebagai identitas pribadi anda yang hanya di ketahui oleh anda sendiri.
Untuk membuat pertanyaan rahasia ini, telah ditulis dalam help facebook di http://www.facebook.com/help/?faq=18015
Berikut langkah langkah membuat nya,
- Masuk dalam pengaturan akun anda (Account setting)
- Pilih Opsi Security Question
- Pilih Pertanyaan dan jawab pertanyaan tersebut
- kemudian klik Change Security Question
Ingat: Security Questions ini hanya anda yang boleh tau jawabannya. Jangan sampe orang lain mengetahui jawaban tersebut.
Gambar 2 . Menambah security question
Sayang sekali
salah satu kekurangan dari security questions ini adalah, tidak bisa diganti apabila sudah ubah. Dan hanya bisa di ubah sekali saja setelah itu tidak ada lagi. Sebagaimana yang telah di jelaskan dalam help facebook http://www.facebook.com/help/?faq=15685
Apasih fungsi dari security Question???
Security Questions ini berfungsi apabila facebook kita telah di retas/diambil oleh orang dan sudah di ubah emailnya dan passwordnya.
Dengan cara klik lupa password, kita masukkan informasi dasar tentang akun facebook kita, dan jika diminta konfirmasi kode, anda pilih tidak bisa mengakses semua email yang ada.
Kemudian anda akan diminta memasukkan email baru anda. Setelah itu, jika anda sudah memasang security question, maka anda akan di minta untuk memasukan jawaban security question anda. Jika benar, maka email konfirmasi akan dikirim ke email baru anda dan akun anda akan kembali.
http://www.facebook.com/help/?page=18897

Gambar 3 : Halaman utama facebook

Gambar 4 : Form isian ketika lupa password

Gambar 5: Pilihan recovery akun anda

Gambar 6 . Memasukkan email baru anda

Gambar 7. Form penjawaban security question

Gambar 8. Konfirmasi bahwa email sudah di kirim

Terus, bagaimana jika kita sudah tidak bisa akses dengan facebook kita, sedangkan kita belum mengisi Security Question? Anda akan di minta 4 step yang nanti melibatkan teman facebook anda untuk kode konfirmasinya.
gambar 9 . Recovery akun facebook yang tidak ada security question

Untuk itu, selalu amankan akun anda agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan.
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda sekalian


regard


phychole

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya