hanya blog pribadi berisi kegiatan pribadi

Friday, April 22, 2011

Surat dari Pak Onno W. Purbo




Ayo kita dukung seberkas surat dari Pak Onno W Purbo bapak opensource di Indonesia ini. Berikut ini surat bentuk protes beliau atas perdagangan netbook/laptop yang terjadi di negeri ini. Dengan tidak lansung bisa jadi sebuah pemaksaan suatu produk yang sebenarnya tidak ingin kita beli namun di wajibkan untuk membeli.
Maaf karena blog saya ada security copy nya jadi yang ingin mengcopy isi surat silahkan di download di Sini

------------------------------------------------------------------------
Jakarta, 2 Maret 2009
Redaksi Yth.


Dengan Hormat,

Microsoft tampaknya melakukan monopoli di Republik Indonesia.

Saya bersama istri saya berkunjung ke Megabazar di JHCC pada tanggal 1 Maret2009. Kami dengan terpaksa membatalkan niat kami untuk membeli netbook / laptop dengan prosesor Atom. Praktis semua netbook / laptop dengan prosesor Atom yang kami temui telah di bundel / pre-install dengan Microsoft & harga yang harus dibayar sudah termasuk Microsoft di dalam-nya. Artinya, pembeli dipaksa untuk membayar Microsoft bersama netbook tersebut tidak peduli walaupun tidak akan digunakan.

Paling tidak untuk Netbook, tidak ada toleransi bagi mereka yang ingin menggunakan open source di laptop-nya, kita semua harus membayar sistem operasi Mircosoft yang sudah terbundel. Bayangkan jika terjual ribuan laptop / bulan, artinya bangsa Indonesia harus membayar beberapa milyard rupiah / bulan ke Microsoft padahal tidak digunakan oleh penggunanya. Padahal jelas-jelas Pemerintah Indonesia sudah mencanangkan “Indonesia, Go Open Source”!

Hal ini tampaknya merupakan pelanggaran terhadap UU 5/1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Besar harapan saya teman-teman di redaksi dapat menayangkan hal ini di surat pembaca surat kabar anda. Semoga dapat menggugah teman-teman di KPPU, Menteri Pedagangan, MENKOMINFO dan MENRISTEK untuk melihat lebih jauh tentang kasus ini.


Jakarta, 1 Maret 2009
Hormat Saya,
Onno W. Purbo, Ph.D
Penulis Teknologi Informasi

Tembusan:

Ketua KPPU
Menteri Perdagangan
Menteri Komunikasi dan Informasi
Menteri Negara Riset dan Teknologi

----------------------------------------------------------------------------------




No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk postingan saya